Senin, 16 Juli 2012

Obrolan Pagi - Masih terpejam


06.00 WIB SMA Prasawardana, suasana riuh pagi hari menunggu bel sekolah tidak begitu terasa. Karena hari ini adalah hari pertama masuk sekolah setelah 2 minggu liburan. Jadi, masih banyak siswa yang  mengantuk dan malas berangkat pagi, paling juga banyak banget yang telat. Biasalah ya hari pertama, dan pastinya hari senin, Monday, MONster DAY! Huft…
Tapi beberapa siswa juga mulai saling bercerita tentang pengalaman liburan mereka. Kali ini ada satu geng cewek di kelas 2b, Marsya, Destya dan Reiska yang sedang asyik melakukan obrolan pagi hari.
“ Hai guys…“ sapa salah seorang anggota geng yang juga merupakan primadona sekolah, Marsya.
“Eh akhirnya lo pulang juga sya, oleh-oleh dari Jepang mana nih?” sahut destya
“Iya mana juga titipan gue hehehe” sahut Reiska juga
“Nih gue bawain kalian semua  mochi sama ocha”
Ocha? Apaan itu sya?”
Green tea Jepang itu lho des”
“Oh, wah makasih ya sya. Tapi masa makanan doing sih oleh-olehnya? Miskin banget lo haha” canda Reiska
“Ye, udah untung dibeliin, mahal nih. Ori asli nih dari Jepang”
“Ah jangan-jangan loe beli di mangga dua ya? Hahaha”
“Ye asal aja lo des, hahaha. Ya masa gue mau bawain kalian kimono satu-satu, overload ntar bagasi gue”
“Iya sih, tapi lo gak asyik ah gak bawa titipan gue” tanya Reiska
“Emang kamu titip apa ke Marsya?” Destya mulai kepo
“Titip…cowok hahaha” jawab Reyska dengan tertawa
“Hahaha” Marsya juga ikut tertawa
“Ah elu tetep aje haha”
“Haha, masalahnya nih ya, cowoknya yang gak mau sama lo rei haha”
“Ih jahat banget sih lo sya”
“Lagian elu, cowok mulu yang dipikirin”
“Gak laku sih, ups, hahaha bercanda kali rei” tambah Reiska
“Ih…tapi gue juga gak tahu nih, tampang gue cantik, otak gue ya…lumayan lah masih masuk 50% di kelas, keluarga gue juga lumayan berduit tapi kenapa sih gak ada yang mau sama gue?”
“Do` a lo kali kurang rei” tanya Destya
“Kurang gimana, nih ya setiap sholat gue selalu minta jodoh gue dideketin, setiap  ketemu cowok ganteng gue juga selalu berdo`a, tapi tetep aja hah, ya kalo si Marsya tuh yang gak pernah berdo`a buat jodohnya hahaha”
“Hahaha iya lo sya” tambah Destya
“Hahaha, bukannya gue gak mau dapet jodoh guys, mendingan sekolah dulu yang bener. Ngegedein usaha sepatu online gue, terus kuliah pake duit gue sendiri, nah terus sukses bisa membahagiakan orang tua, punya rumah, mobil nah baru deh tuh cari jodoh”
“Gila…segitunya banget lo sya, gue liat-liat semenjak lo buka online shop lo 2 bulan yang lalu nih, lo jadi anti banget sama yang namanya cowo. Padahal kan sebelumnya lo setengah mati banget berdo`a an berusaha buat nyari cowok biar bisa move on tuh sama si Exel hahaha”
“Ih, gak bahas Exel gak bisa ya? Nyebelin banget sih lo des,  cowok itu cuma bikin masalah bikin focus dan konsentrasi kita terpecah, ya…pokoknya urusan cowok belakangan aja deh”
“Haduh sya…mana mungkin cowok urusan belakangan” sangak Reiska
“Mana mungkin buat elo, tapi mungkin buat gue haha”
“Sumpah deh sya, lo kerasukan setan apa sih, sampe segininya ama cowo?” tanya Reiska
“Iya mentang-mentang focus sama online shop yang omsetnya berapa juta tuh? Haha” tambah Destya
“Haha, ih apaan sih lo, orang cuma dua juta sebulan”
“Cuma? Itu lumayan banget lah sya buat nambahin uang jajan, ah elu nih bener-bener deh” kata Destya yang terus nyerocos
“Iya, emang beneran lo gak pengan berusaha setengah mati lagu buat nyari cowok?” tanya Reiska yang terus penasaran dengan sikap Marsya
“Oke, gini deh gini, gue tuh udah capek tahu gak terus menerus didatengin bayangannya Exel tiap hari yang muter-muter di kepala gue. Gue juga udah capek berusaha berpenampilan perfect tiap hari buat sekedar nyari cowok buat ngelupain si kampret Exel tuh.  Gue capek berdo`a yang sama tiap hari, tentang jodoh. Nah semenjak gue buka online shop, gue ekstra capek. Di satu sisi gue harus mikir sekolah, di sisi yang lain gue mikirin move on, di sisi yang lain lagi ngurusin online shop gue. Gue gak bisa ngejalanin semua itu secara maksimal, karena gue fokus ke banyak hal. Prinsip gue, kalo kita hanya bener-bener menekuni satu bidang saja, dan kita bersungguh-sungguh, gue yakin kita pasti berhasil dalam hal itu kok.
“Nah, kenapa gue enggak coba? Gue udah berusaha sekuat tenaga gue buat ngedapetin jodoh tapi hasilnya apa coba?”
“Yang namanya berusaha maksimal itu relatif. Mungkin lo udah ngerasa kalo usaha lo udah bener-bener maksimal tapi siapa tahu menurut Allah lo belum ngelakuin sampe bener-bener titik darah peghabisan lo, atau ini bukan waktu lo dapet jodoh, Allah bakan ngasih liat jodohmu di suatu saat nanti “
“Suatu saat? Yaelah sya masa gue nunggu sampe nenek-nenek dulu? Gile aje lu”
“Ya bukan gitu, lo tetep berusaha tapi ya udahlah serahin semua sama yang di atas aja. Lagian gue juga percaya kok kalo Allah nyiptain manusia itu berpasang-pasangan. Jodoh kita udah disiapin sama Allah, Cuma ya belum saatnya aja kita ketemu sama dia”
“Tapi kan walaupun udah disiapin, kita harus tetep berusaha marsya… lo kan tadi juga bilang gitu, tapi kenapa lo gak, nah lo?”
“Bukannya gue gak usaha, tapi ya…ini batas gue. Gue capek. Gue masih gak mampu buat menuju titik maksimal usaha gue buat nyari jodoh.  Gak semua orang bisa bertahan dan mampu ke titik maksimalnya guys. Kita kan juga udah kelas tiga bentar lagi ujian, ya kenapa sih gak lebih fokus ke ujian aja? atau mending gue mikirin online shop gue, siapa tahu gue bisa sukses di usia muda, kuliah pake uang sendiri, amin amin hehe”
“Boleh juga tuh,” sahut Destya
“Makanya, banyak tau hal lain yang mesti kita fokusin, satu-satu tapinya jangan semuanya. Emang harus gue fokusin yang namanya cinta? Yang namanya jodoh? Urusan belakangan aja kali. Cinta itu sebenarnya udah ada di deket gue, Allah udah ngasih deketttt banget ama gue,tapi mata gue belum terbuka akan hal itu. Gue belum sadar dan gue juga gak tahu kapan sadarnya. Mata gue masih terpejam buat ngeliat cinta yang datang, jadi selama mata gue masih terpejam akan cinta, gue akan membiarkan mata hati gue aja yang ngeliat dan merasakan kehadiran cinta di hidup gue. Gue serahin  ke mata hati gue, ke nurani gue. Dan sekarang, nurani gue itu ngomong kalo gue bisa serahin masalah yang satu ini pada keajaiban do`a dalam cinta. Gue lebih baik fokus dulu ke cita-cita gue, ke sekolah gue, usaha gue sampai mata gue, hati gue, diri gue siap ngebuka matanya buat menerima makna cinta ”
“Terus lo kapan siapnya?”
“Ya gak tahu, gue mah cuma manusia yang menunggu takdir Allah menghampiri gue, sambil menunggu terbukanya mata gue yang masih terpejam”  (/Redhika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar