Sabtu, 18 Mei 2013

Let`s make pancake with me :9



Hallo! I`m not a chef but I love to cook. Pernah dengar slogan ini? Haha ini slogan di tv yang sengaja saya tirukan haha. Kebetulan saya suka dan sering memasak. Nah, kali ini saya mencoba membeberkan sebuah resep sederhana. Pancake ala redhika. Well… ini dia!
Bahan:
·         100 gr Tepung terigu (protein rendah / sedang)
·         1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
·         1 sdm Unsalted Butter (bisa diganti dengan margarine)
·         1 sdm gula pasir
·         250 ml susu cair plain
·         1 sdt baking powder
·         Vanilla ekstrak 1 batang / Vanili bubuk ½ sdt
Saus
·         ½ Buah lemon ukuran sedang
·         5-10 biji buah strawberry
·         Vanilla ekstrak ½ batang / Sejumput vanili bubuk
·         Gula 2 sdm
·         Air 50cc
Cara membuat:
Pertama, campur susu, gula dalam saucepan panaskan. Lakukan tempering ke dalam kuning telur, caranya masukkan sedikit susu kedalam wadah kuning telur aduk sampai merata kemudian campur dengan adonan susu di saucepan.  Tambahkan butter aduk hingga butter meleleh, tunggu sampai pinggirannya bergelembung sudah cukup, jangan sampai terlalu mendidih. Sisihkan dan dinginkan.
Sambil menunggu dingin. Kita dapat membuat sausnya. Peras lemonnya masukkan hasil air perasannya ke dalam saucepan. Potong dadu buah strawberry, campur ke dalam air lemon. Tambahkan zees lemon. Parut kulit lemon hanya pada bagian kuningnya saja jangan menyentuh bagian putihnya agar tidak pahit. Hal ini bertujuan menambah aroma. Kemudian masukkan air dan gula dan panaskan. Setelah gula larut tambahkan vanilla. Tunggu hingga sedikit mengental, angkat dan sisihkan.
Next, campur tepung terigu, baking powder (tambahkan vanili bubuk jika anda tidak menggunakan vanilla ekstrak). Tuang adonan susu telur yang sudah dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Sisihkan. Kocok putih telur hingga mengambang dan fluffy. Cirinya adalah balikkan wadah tempat putih telur jika adonan tidak tumpah berarti sudat set, jika tumpah silahkan buat lagi hehe.
Campurkan perlahan adonan putih telur dengan adonan tepung, jangan terlalu lama mengaduknya agar adonan tetap fluffy dan tidak pecah. (Tambahkan vanilla ekstrkak jika anda tidak memakai vanili bubuk)
Panaskan fryingpan dengan api kecil lelehkan sedikit butter diatasnya tuang adonan, tunggu hingga pancake mulai bubbles dan pinggirannya mulai terlihat mengering. Balik jika dirasa bagian bawah overcook. Angkat, siram dengan saus lemonnya dan Sajikan.
Untuk menemani menyantap pancake, kamu bisa memanfaatkan sisa saus lemon sebagai squash yang fresh. Masukkan saus secukupnya kedalam gelas yang telah diisi es batu. Tambahkan air soda. Hem Pancake saus Srawberry lemon + Lemon strawberry squash siap dinikmati.  Yummy :9 Jos Gandos!
Gimana? Gampang kan? Selamat mencoba :D

#ps: foto step by step + foto pancake asli bikinan saya ini menyusul ya, yg diatas itu ambil dr om google :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar